Aul, Belajar Akting Sampai Seperti Orang Gila

Banyak yang memuji akting Aulia Sarah dalam sinetron 'Pesantren & Rock N'Roll'. Tentunya, pencapaian yang membanggakan seperti itu butuh proses belajar yang panjang. Bahkan ia mengaku sampai merasa seperti orang gila.

"Waktu awal-awal aku belajar akting, ngomong sendiri di kaca sering banget aku lakukan. Jadi rasanya udah kayak orang gila," ujarnya ketika berbincang dengan detikhot di rumahnya di daerah Joglo, Jakarta Barat.

Kiprah Aulia bermula ketika ia menjadi finalis Gadis Sampul pada 2005. Bermodalkan itu, ia kemudian mencoba peruntungan menjadi model iklan. Walau punya paras cantik, ternyata tak mudah bagi Aulia untuk mendapatkan peran itu.

Ia mengaku sampai puluhan kali gagal ketika mengikuti berbagai casting. Namun berkat kesabaran dan kegigihannya, ia berhasil menjadi pemeran utama dalam sebuah iklan.

"Aku dapet iklan pertama itu jadi main talent pula. Kaget banget campur senang. Padahal waktu itu saingannya banyak banget, cewek-cewek usia 20 tahunan. Padahal aku waktu itu masih 14 tahun," kisahnya bangga.



Semenjak iklan pertama itu, Aulia mengaku jalannya menjadi mudah. Selama kurang lebih dua tahun ia telah menerima puluhan pekerjaan menjadi model iklan berbagai produk komersil. Hingga suatu ketika ia tak menyangka ada orang yang tertarik mengajaknya untuk bermain sinetron.

Awalnya ia mengaku sempat ragu karena tak punya dasar pendidikan akting. Namun karena penasaran, ia pun mencoba. Hasilnya?

"Itu waktu pertama kali deg-degan banget dan sampai keringat dingin. Salah terus, ngomong gemetaran. Take satu adegan aja sampai lebih dari sepuluh kali. Berasa tolol banget," kenangnya seraya tertawa.

Tak hanya itu, cewek kelahiran 6 Juli 1991 itu juga dulu mengaku kesulitan ketika harus menghafal dialog-dialog panjang. Namun setelah banyak belajar dan digembleng sutradaranya yang galak, hal itu kini bukan masalah baginya.

"Ternyata dialog itu nggak perlu dihafalin, yang penting paham inti dan maksud ceritanya. Ya sudah, selanjutnya aku gampang banget sampai sekarang. Padahal dulu sampai satu jam baca skenario nggak hafal-hafal," kenangnya lagi.

Selanjutnya karier Aulia pun kian cemerlang dengan membintangi berbagai judul film televisi (FTV). Ia juga merambah ke sinetron, seperti 'Amira' dan 'Terlanjur Cinta', serta film layar lebar seperti 'Kawin Kontrak', 'Drop Out', dan 'Susah Jaga Keperawanan di Jakarta'. Aktingnya bahkan dipuji ketika memerankan tokoh Almira, seorang cewek punk dalam 'Punk in Love'.

Citra cewek punk yang urakan itu luntur seketika saat ia memerankan tokoh Nada dalam sinetron 'Pesantren & Rock N'Roll'. Semenjak bermain dalam judul itu, ia mengaku banyak yang memuji aktingnya dan menganggapnya lebih cantik berjilbab.

"Ya alhamdulillah sih, banyak yang suka dengan penampilan aku di film itu. Aku bersyukur aja dan menikmati apa yang aku raih sekarang," tandasnya seraya tersenyum.

sumber : Aulia Sarah, Belajar Akting Sampai Seperti Orang Gila


BACA JUGA :